Selasa, 02 Maret 2010

Kekerasan tak menghasilkan apa-apa


Sesungguhnya anak cengeng dan rewel kerap kali terjadi pada saat usia batita. Bila hal tersebut masih berlanjut pada usia sekolah (diatas 5 tahun), kita sebagai orang tua sudah selayaknya mengatasinya. Hal ini biasanya dikarenakan anak tidak punya atau tak diberi keahlian dalam berbicara. Anak yang biasa di manja juga bisa menjadi cengeng, karena terbiasa apa yang diinginkannya dituruti.

Dalam menghadapi hal ini orangtua harus konsisten, kalau memang tidak boleh, ya, tidak boleh, kendati si anak terus merengek dan menangis. Hal ini lebih baik kita lakukan demi kebaikan si anak di masa depan. Sering terjadi anak yang cengeng bila besar nanti akan menjadi kurang tangguh, kurang percaya diri, tidak mandiri, tidak matang, dan selalu merasa cemas.

Tangisan anak yang terus-menerus, terkadang bisa membuat orang tua menjadi bertindak agresif. Tindakan yang sering terjadi dengan memarahi si anak sampai dengan memukul atau mencubitnya. Orang tua harus belajar menahan diri, tindakan yang agresif kepada anak ini tidak akan meredakan tangisannya malah biasanya akan meningkatkan tangisannya. Mendengar tangisan anak yang semakin keras, banyak orang tua yang hilang kesadarannya sehingga lebih banyak lagi cubitan/pukulan yang mendarat ke tubuh si anak, tanpa disadari/gelap mata bisa menghilangkan nyawa si anak.

Dampak yang paling kecil, anak akan meniru tindakan orang tua. Anak akan melakukan hal yang sama terhadap orang lain, karena cara itulah yang ia tahu untuk dapat mengekspresikan kekesalannya pada orang lain maupun orang tuanya.



gambar : http://a.abcnews.com/images/Health/ht_trillions_060727_ssv.jpgh



2 komentar:

  1. Sepenuhnya benar. Cuma sayang, ada banyak orangtua / keluarga (termasuk saya), yang idak sejak semula tahu tentang pengetahuan ini. Dan sudah terlanjur berbuat kekerasan terhadap anak. Bagaimana bisa menghapuskannya?

    BalasHapus
  2. terima kasih atas ungkapan penyesalan yg telah anda berikan. Memang menghapus apa yg terjadi di masa lampau tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak dapat diperbaiki. Mulailah merubah kebiasaan anda,tunjukan rasa cinta serta kesabaran anda, tingkatkan rasa percaya diri pada anak. Bilamana perlu, pergilah ke psikolog anak untuk meminta bantuan cara mana yg terbaik untuk mengatasi perilaku anak yg menyimpang. Semoga dgn ini anak anda dpt kembali menjadi kebanggaan anda dan dirinya sendiri.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails